Berikut 9 Kenyataan Unik Tahun Baru Imlek

Header 728 x 90

Gong xi fa cai

Tahun Baru Imlek jatuh di minggu ke-2 Februari 2016 kesempatan ini, yakni pada Senin (8/2/2016). Seluruh warga Tionghoa tidak sabar merayakannya. Dibalik kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek, nyatanya ada beberapa hal unik yang tersembunyi. Apa saja itu?

Tak Jatuh di Tanggal yang Sama
Hari perayaan Tahun Baru Imlek tak jatuh pada tanggal yang sama setiap tahunnya. Tetapi demikian, umumnya Tahun Baru Imlek jatuh di hitungan saat pada tanggal 21 Januari sampai 20 Februari. Hal semacam ini berlangsung lantaran Tahun Baru Imlek ditetapkan dari kalender Tionghoa.

Saat Libur 15 Hari
Untuk merayakan Tahun Baru Imlek, di Tiongkok di gelar libur panjang sepanjang sekitaran 15 hari. Ini adalah saat libur terpanjang di negara gorden bambu itu. Kurun waktu sekitaran dua minggu itu, di Tiongkok juga di gelar Spring Festival. Festival itu berbarengan dengan masuknya musim semi pada tanggal 4 sampai 8 Februari tiap-tiap tahunnya.

Kebiasaan Bersih-Bersih Rumah
Orang-orang Tionghoa yakin, bila bersihkan serta membereskan tempat tinggal mendekati Tahun Baru Imlek bakal menghadirkan keberuntungan untuk keluarga. Demikian sebaliknya, bila mereka tak lakukan aktivitas itu, mereka yakin bakal memperoleh kesialan.

Hiasan Nuansa Merah
Mendekati perayaan Tahun Baru Imlek, masyrakat Tionghoa bakal mulai hiasi tempat tinggal mereka dengan pernak-pernik memiliki nuansa merah. Dalam keyakinan mereka, warna merah melambangkan keberuntungan.

Makin dekat dengan Tahun Baru Imlek, jadi warna merah bakal makin merasa di lokasi pecinan. Warga umumnya menempatkan semua jenis hiasan berwarna merah, seperti lampion atau pernak-pernik merah yang lain.

Tradisi Bagi-Bagi Angpao
Kebiasaan sharing angpao waktu Tahun Baru Imlek senantiasa berjalan di kelompok Tionghoa. Kebiasaan ini dikerjakan dengan cara turun temurun. Anggota keluarga yang lebih muda memiliki hak memperoleh amplop merah diisi beberapa duit. Bingkisan berikut yang dikatakan sebagai angpao. Diluar itu, pada perayaan Tahun Baru Imlek, umumnya beberapa bos akan memberi bonus pada karyawannya.

Perkataan Khusus
Waktu perayaan Tahun Baru Imlek, warga Tionghoa umum berikan perkataan spesial dalam bhs Mandarin. Perkataan “Selamat Tahun Baru Imlek” itu bisa disampaikan dengan kata “Xinnian Kuaile”. Ejaan itu mesti di baca dengan pelafalan “sshin–nyen kwhy–luh. ”

Kalimat perkataan “Xinnian Kuaile” ini adalah kata yang umum dipakai oleh orang-orang Tionghoa saat menegur orang yang barusan mereka kenal di Tahun Baru Imlek. Kata itu diisi doa mengenai kebahagian serta keberuntungan di Tahun Baru.

Shio Baru
Orang-orang Tionghoa masihlah mempunyai keyakinan pada shio serta zodiak. Dalam kalender Tiongkok, orang-orang menamai tiap-tiap Tahun dengan nama hewan. Pas Tahun 2016 ini, dikatakan sebagai Tahun Monyet.

Dirayakan 1/5 Warga Dunia
Tahun Baru Imlek yang disebut perayaan Tahun Baru orang-orang Tionghoa ini dirayakan oleh 1/5 masyarakat dunia tiap-tiap tahunnya. Di Tiongkok sendiri, sekolah serta perguruan tinggi bakal diliburkan sepanjang sebulan untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Tiongkok, Hongkong, serta sembilan negara Asia yang lain memberi hari libur untuk warganya. Hal semacam ini diperuntukkan supaya orang-orang bisa nikmati Tahun Baru Imlek dengan meriah.

Festival Lampion
Festival Lampion di gelar 16 hari, sesudah perayaan Tahun Baru Imlek. Festival ini dikerjakan dengan menempatkan lampion di beberapa tempat tinggal warga sepanjang sebulan penuh. 16 hari sesudah perayaan Tahun Baru Imlek, orang-orang juga dengan cara berbarengan mencopot dekorasi itu. Lampion yang sudah dicopot lalu diterbangkan ke langit atau dihanyutkan di sungai.

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 7 Juta Rupiah Dalam Waktu 1 Minggu Dari Bisnis Online Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =