Tips Menjalankan Bisnis Sambilan Bersama Teman

Header 728 x 90

Ada banyak faktor yang bisa membuat orang menjalin bisnis sambilan dengan teman. Selain merasa lebih klop karena Anda merasa cocok dengannya, beberapa faktor seperti berbagi modal atau menjadikan teman sebagai pengelola bagian yang tidak bisa Anda lakukan sendiri juga sering menjadi alasan.

Tips Menjalankan Bisnis Sambilan Bersama Teman

Namun, kesalahaan pengelolaan dan tidak mematuhi beberapa aturan juga bisa jadi masalah. Bisa-bisa hubungan pertemanan yang sudah terjalin sekian lama malah rusak. Oleh karena itu, perhatikan tip berikut agar kesuksesan mudah diraih dan menjalankan bisnis sambilan bersama teman terasa menyenangkan.

Belajar Profesional

Meskipun hanya sambilan, bisnis yang Anda geluti tetap perlu dijalankan secara profesional. Bedakan sejak awal kapan waktunya terhubung secara pertemanan, dan kapan waktunya bersikap saling profesional dengan teman Anda. Jadikan ini sebagai komitmen matang kalian untuk menuai kesusksesan.

Dalam berbisnis dikenal istilah, bisnis adalah bisnis. Jika Anda atau teman melakukan kesalahan, jangan sungkan saling menegur dan mengingatkan. Sampaikan teguran dengan bahasa yang lugas, tanpa memerintah apalagi menggurui. Begitu juga ketika ada masukan yang mungkin terdengar seperti kritik.

Coba lihat segala sesuatunya dari segi positif dengan tidak segera berburuk sangka, apalagi sampai tersinggung dan menganggap teman sedang merendahkan Anda. Belajar berlaku profesional secara konsisten akan menjauhkan bisnis Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tukar Pendapat dan Masukan

Tiap orang tidak selalu memiliki pemikiran dan ide yang sama. Namun seringnya, teman yang satu justru mengiyakan teman yang lain dalam berpendapat. Karenanya, lebih banyak ditemukan kesamaan dalam pertemanan dibanding perbedaan. Padahal perbedaan merupakan sumber kekayaan terpenting dalam berbisnis.
Untuk mengatasi ini, Anda bisa membuat forum rutin untuk membicarakan ide, pendapat, dan masukan kalian. Selain menciptakan inovasi dalam bisnis Anda, ini juga membantu menjalin pertemanan semakin erat.

Satukan Visi dan Misi

Berbeda pandangan soal ide pengembangan bisnis, tak sama dengan beda pandangan soal tujuan bisnis. Visi dan misi diperlukan untuk membuat proses berbisnis lebih fokus dan terarah. Sementara itu, perbedaan tujuan justru akan menghambatnya. Sebagai gambaran, adakalanya yang satu hanya ingin fokus menuai keuntungan dengan terus memperbaiki kemampuan penjualan produk. Sementara yang lainnya justru ingin menciptakan keuntungan berdasar kepuasan diri sendiri dan pelanggan sekaligus memperbesar jaringan.

Meskipun pemikiran keduanya memang akan menguntungkan dalam jangka waktu dekat atau panjang, tetap saja perbedaan ini perlu disatukan. Daripada sama-sama diam hingga terjadi friksi, apalagi berdebat soal tujuan siapa yang lebih baik, sebaiknya Anda membicarakannya dengan kepala dingin dan mulai mengambil jalan tengah.

Saling Terbuka Soal Bagi Hasil

Masalah bagi hasil bisa jadi pelik dan mengundang perselisihan jka tidak dilandasi dengan komitmen awal. Jangan menggampangkan urusan ini karena Anda menganggap sedang berbisnis sambilan dengan teman. Pertama, Anda perlu memperhatikan masalah transparansi keuangan. Bicarakan dan jabarkan seterbuka mungkin tiap pendapatan dan pengeluaran yang ada. Untuk memudahkan, Anda bisa membuat buku kas perusahaan.

Kedua, sertakan bukti tertulis seperti kuitansi, nota, dan sebagainya setiap kali ada transaksi yang terjadi, termasuk dengan pencatatan pinjaman-pinjaman yang dilakukan. Ketiga, bicarakan sejelas mungkin, bahkan secara berkala masalah pembagian hasil. Meskipun teori bagi hasil adalah 50:50, tetapi praktiknya bisa berbeda. Sesuaikan porsi kerja dengan jumlah keuntungan yang layak didapat. Ini akan menghindarkan dari perasaan tidak adil pada pembagian keuntungan berikutnya yang bisa menyebabkan perselisihan.

Teguh Pendirian dan Saling Menghargai

Setiap orang memiliki prinsip masing-masing dalam menjalani hidup. Demikian halnya dengan bisnis yang Anda jalankan. Jika ada yang dirasa tidak sesuai, jangan sungkan untuk menolak dan jelaskan alasannya. Yang perlu Anda ingat, tetap saling menghargai dan sebisa mungkin menghindari serta segera mengatasi setiap permasalahan agar bisnis sambilan lancar, dan pertemanan tetap awet.

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 7 Juta Rupiah Dalam Waktu 1 Minggu Dari Bisnis Online Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 7 =