Bingung Cara Bisnis Online Berbasis Domain? Di Sini Ada Petunjuknya!

Header 728 x 90

Cara bisnis online berbasis domain sangat penting untuk membuat sebuah website. Bisa dikatakan jika domain adalah alamat rumah virtual. Sementara itu, hosting adalah kapasitas ‘rumah’ tersebut untuk membangun sebuah website. Keduanya saling melengkapi sehingga posisi website di dunia maya menjadi stabil dan lebih personal.

sumber gambar: rescuetech.co
sumber gambar: rescuetech.co

Namun terkadang internet marketer pemula masih bingung bagaimana memulai cara bisnis online berbasis domain. Terlebih lagi dengan biaya khusus yang harus dikeluarkan.

Biaya mendapat nama domain berkisar Rp. 100 ribu sampai Rp. 300 ribu dan itu yang minimalnya. Tetapi akan sangat berguna nantinya jika Anda serius bergelut dengan bisnis online jangka panjang.

Nah, berikut ini beberapa petunjuk atau penjelasan ringkas mengenai cara bisnis online berbasis domain dan hosting.

Ketahui, Domain adalah Nama Unik

Pertama kenali pemahaman dasarnya bahwa domain adalah sebuah nama website yang berlaku unik untuk mengidentifikasi alamat atau IP address. Artinya ketika mendaftarkan domain name, pilihan nama yang Anda ajukan mungkin sudah diklaim oleh orang lain. Ataupun perusahaan tertentu. Contoh seperti duniakita.com atau kompas.com.

Fungsinya, Mendukung Website Komersial

Dalam dunia bisnis, domain akan mengerek potensi web berjenis komersial, yaitu web yang digunakan untuk menunjukkan produk dan jasa, atau melakukan transaksi penjualan online. Secara umum dibuat dengan ekstensi .com, .co.id, dan lainnya. Berbeda dengan nama domain situs (dot) co (dot) id, pemilik situs harus berbadan hukum.

Mencari Penyedia Domain Hosting

Tidak sulit menemukan situs penyedia domain dan hosting di Indonesia. Seperti yang disebutkan tadi, ada layanan berbayar dengan biaya minimal di antara Rp. 100 ribu hingga Rp. 300 ribu. Bisa jauh lebih mahal bergantung juga dari kualitas dan harga masing-masing. Makin tinggi harganya, semakin baik pula kualitas hosting yang kita peroleh. Sebaliknya jika mencari gratisan tentu akan banyak kekurangannya.

Membeli Domain untuk Bisnis Online

Dalam cara bisnis online berbasis domain, kita harus mengenali berbagai tipe web hosting di pasar online. Memilih jenis web hosting tersebut bergantung pada tipikal bisnis apa yang menjadi fokus usaha Anda.

Oleh karena itu, sebelum membeli suatu domain dan web hosting, pastikan konsep website bisnis online Anda. Web hosting gratisan menempatkan banner iklan seadanya saja di dalam website. Sementara yang berbayar biasanya menaruk posisi iklan dengan lebih tertata, serta menyiapkan bandwith cukup besar.

Maka dari itu, penting bagi pengguna cara bisnis online berbasis domain untuk melakukan survei. Cari tahu software e-commerce apa yang dipunyai oleh penyedia layanan tersebut.

Rekomendasi Layanan Domain Hosting

Salah satu penyedia layanan domain Indonesia yang cukup populer adalah Niagara Hoster. Situs ini mencatat harga domain termurah untuk ekstensi .com adalah Rp. 115 ribu. Sedangkan ID sekitar Rp. 249 rb. Berbagai fitur lengkap dan teknologi hosting dapat dioptimalkan untuk mendukung cara bisnis online berbasis domain. Yang terpenting dalam proses pendaftaran itu pilihlah nama domain yang singkat, mudah diingat, dan diucapkan. Serta pilih nama domain yang mengangkat arti brand atau produk Anda.

Masih banyak lagi penyedia layanan domain dan hosting yang bisa Anda temukan. Jika Anda bingung tanyakan petunjuknya pada teman-teman yang sudah kompeten membangun website. Tidak sulit menemukan bantuan sebab pasti cukup banyak kenalan Anda yang mengaktifkan blog, website, ataupun toko online. Yuk, segera mulai cara bisnis online berbasis domain hosting!

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 136 Juta Rupiah Dari Bisnis Online Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *