Cara Mengolah Limbah untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Header 728 x 90

Di sekitar kita banyak sekali limbah yang dibiarkan teronggok begitu saja, seperti limbah rumah tangga yang berupa makanan sisa atau sisa sayuran dan ikan, atau limbah plastik dan kayu atau yang lainnya yang sulit untuk dibuang begitu saja. Makanya kita harus bergerak aktif dan mengetahui cara mengolah limbah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bukan satu atau dua orang saja yang berhasil menemukan mata pencaharian mereka dari limbah. Misalnya saja De Tanjung (kreasi dari limbah dedaunan) atau Indra Noviansyah (ekspor sampah plastik untuk daur ulang).

Cara Mengolah Limbah untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Keuntungan yang didapatkan tidak main-main, bisa sampai puluhan juta Rupiah dalam satu bulan. Hal itu bukan secara tiba-tiba mereka dapatkan, melainkan mereka dapat dari usaha yang tidak sebentar, pasang surut usaha dan juga berkali-kali melakukan percobaan. Cara mengolah limbah juga tidak sama, misalnya plastik dan kayu, walaupun keduanya sama-sama benda padat, akan tetapi ada cara khusus untuk mengolahnya lagi supaya siap untuk didaur ulang.

Sebagai contoh, cara mengolah plastik bekas pakai seperti botol air atau air minum gelas adalah dengan memisahkan labelnya terlebih dahulu, lalu botol dan gelas plastik yang sudah dibersihkan dengan air itu dimasukkan ke dalam sebuah mesin yang bernama plastik crusher. Hasil akhir barang plastik yang dimasukkan ke dalam mesin tersebut adalah potongan-potongan kecil yang kelak bisa dilelehkan kembali untuk dicetak menjadi berbagai benda plastik lainnya.

Sementara itu, cara mengolah limbah rumah tangga seperti sisa makanan dan sisa sayur atau buah yang hampir membusuk adalah dengan menampungnya dalam tong khusus yang tertutup dengan rapat, bisa juga dipendam dalam tanah. Kemudian setelah membusuk dengan sempurna biasanya dicampur dengan tanah dan melalui beberapa tahapan sampai akhirnya jadi pupuk kompos yang siap pakai.

Teknik mengolah limbah rumah tangga untuk dijadikan kompos bisa dilakukan oleh setiap keluarga, dan langsung digunakan oleh keluarga itu sendiri untuk menyuburkan tanaman. Selain itu, mengolah limbah rumah tangga sendiri akan membantu menjaga kebersihan lingkungan.

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 7 Juta Rupiah Dalam Waktu 1 Minggu Dari Bisnis Online Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − eight =