Gerhana Bulan Penumbra Akan Hadir Pada 23 Maret 2016

Header 728 x 90

Setelah gerhana matahari total pada 9 maret 2016, 14 hari lalu momen gerhana bakal kembali berlangsung. Tetapi kesempatan ini bukanlah gerhana matahari tetapi gerhana Bulan. Gerhana Bulan yang bakal berlangsung pada 23 maret 2016 adalah gerhana Bulan penumbra pertama yang berlangsung di th. 2016. Sepanjang th. 2016 gerhana Bulan penumbra bakal berlangsung sejumlah 2 kali gerhana yaitu pada bulan Maret serta bulan September.

gerhana bulan penumbra

Gerhana Bulan Penumbra berlangsung saat Bulan sebagai satelit alam yang melingkari Bumi melintas di lokasi bayangan gelap Bumi tepatnya di lokasi bayangan gelap kabur atau penumbra. Waktu momen gerhana Bulan penumbra berlangsung, Bulan seakan tak alami gerhana serta tetaplah bercahaya seperti umumnya. Tetapi bila kita amati dengan cara detil dengan memakai teleskop jadi bakal terlihat lokasi permukaan yang sedikit gelap. Hal itu bisa anda potret memakai kamera lalu hasil pemotretan di banding dengan Bulan waktu meraih purnama. Bakal ada ketidaksamaan kalau waktu puncak gerhana Bulan penumbra piringan Bulan bakal sedikit lebih redup daripada piringan Bulan waktu Bulan Purnama. Gerhana Bulan berlangsung ketika Bulan meraih fase purnama. Tetapi tak tiap-tiap fase Purnama Bulan alami gerhana. Hal itu tidak lain dikarenakan oleh kemiringan orbit Bulan yang mengakibatkan Bulan kadang-kadang pas ada di garis ekliptika. Bila Bulan ada pas pada garis ekliptika jadi bulan bakal alami “Eclipse” atau gerhana.

Gerhana Bulan Penumbra 23 maret 2016 diawali dengan kontak pertama yang bakal berlangsung pada jam 16. 39 WIB sebelumnya matahari tenggelam (untuk saat Indonesia sisi barat serta tengah) serta meraih puncak selepas matahari tenggelam tepatnya pada jam 18. 48 WIB atau 11. 48 UT. Gerhana Bulan Penumbra selalu berlangsung sampai Bulan meraih kontak empat serta keluar dari lokasi bayangan gelap kabur pada jam 20. 54 WIB atau 13. 54 UT. Dengan memakai mata telanjang, gerhana Bulan penumbra akan tidak terlihat tidak sama dengan Bulan purnama. Tetapi dengan memakai teleskop anda bakal temukan lokasi sedikit gelap di permukaan Bulan. Gerhana Bulan Penumbra bisa disaksikan di semua kota di Indonesia.

Tidak sama dengan gerhana Matahari, gerhana Bulan aman diliat dengan memakai mata telanjang, tak beresiko serta tak menyebabkan kebutaan. Mudah-mudahan langit cerah dan selamat melihat gerhana Bulan Penumbra pertama di th. 2016 🙂

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 7 Juta Rupiah Dalam Waktu 1 Minggu Dari Bisnis Online Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − three =