Jenis Usaha Sampingan di Rumah Paling Cocok untuk PNS

Header 728 x 90

PNS atau pegawai negeri sipil memiliki jam kerja yang pasti dari pagi hingga siang atau sore hari. Karena itu mereka mempunyai kesempatan lebih besar memilih jenis usaha sampingan di rumah sendiri. Tapi karena tugas PNS itu lumayan besar, maka sebaiknya mengutamakan bidang usaha yang tidak memakan banyak waktu dalam pengelolaannya.

Jenis Usaha Sampingan di Rumah Paling Cocok untuk PNS

Usaha Toko Kelontong

Salah satu alternatif terbaik untuk membuka usaha sendiri di rumah bagi PNS yaitu membuka toko kelontong yang menyediakan kebutuhan barang sehari-hari. Misalnya beras, gula, sabun, minyak goreng, rokok, aneka kue kemasan dan sebagainya.

Toko kelontong ini bisa dibuka pada sore hari setelah pulang dari kerja di kantor. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini tidak terlalu besar. Sebagai tahap perintisan, dagangan yang dijual tidak perlu terlalu banyak asal komplit. Baru setelah berkembang bisa menambah stok dan jenis dagangan.

Budidaya Tanaman

Bagi pegawai negeri atau PNS yang memiliki hobi berkebun, sebuah jenis usaha sampingan di rumah yang paling cocok dijalankan yaitu budidaya tanaman. Banyak sekali jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dan dijadikan sebagai ladang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pekerjaan ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk pengelolaannya. Karena tugas yang paling utama dikerjakan adalah penyiraman. Kewajiban ini dapat dilaksanakan pada pagi hari sebelum berangkan kerja dan sore hari setelah pulang dari kantor.

Agar bisa fokus dan berkembang dengan baik, disarankan untuk memilih 1 jenis tanaman saja yang dibudidayakan. Misalnya tanaman hias, tanaman sayur atau tanaman buah dan lainnya. Khusus untuk tanaman hias harus lebih spesifik lagi terutama bagi tanaman yang memerlukan penanganan khusus. Misalnya tanaman anggrek, kaktus dan sebagainya.

Budidaya Hewan Ternak

Bisnis bidang peternakan atau budidaya hewan adalah ladang usaha yang juga sangat bagus dijalankan oleh pegawai negeri atau PNS. Karena tugasnya juga tidak terlalu menyita waktu, sehingga bisa dilakukan pada siang dan sore hari.

Untuk pemberian pakan ternak yang harus dilakukan pada siang hari bisa dilakukan oleh istri atau anaknya. Sedangkan penjualan hasil ternak tersebut dapat dijalankan pada hari Minggu dan hari libur lainnya.

Modal yang sedikit bukan merupakan halangan untuk membuka usaha sampingan bagi PNS ini. Banyak sekali budidaya ternak yang kebutuhan modalnya tidak terlalu besar. Contohnya ternak ayam, ternak itik, ikan lele, nila, dan sebagainya.

Namun untuk hasilnya, dapat berlipat-lipat dari modal yang dikeluarkan. Selain itu, yang lebih menggembirakan lagi adalah, sebagian hasil budidaya ternak tersebut dapat dinikmati sendiri bersama keluarga.

Bisnis Rental Barang

Bidang atau jenis usaha sampingan di rumah lain paling bagus untuk pegawai negeri adalah rental atau sewa barang. Bisnis ini terdiri dari berbagai jenis bentuk dan rupa. Misalnya sewa tenda pesta, perlengkapan makan, sewa mobil, sewa sound system dan lainnya.

Modal yang perlu disiapkan untuk membuka usaha ini memang tergolong besar. Namun bagi PNS bisa mengajukan kredit pada bank. Pegawai negeri sipil lebih mudah memperoleh kredit karena memiliki jaminan berupa SK pengangkatan dan gaji bulanan dari pemerintah.

Kesempatan seperti ini tidak boleh disia-siakan begitu saja. Yang paling utama adalah usaha tersebut ditekuni dengan serius agar tidak terjadi kemacetan dalam pembayaran angsurannya. Jika semua bisa berjalan dengan lancar dan lunas tepat waktu, pihak bank pasti akan memberi kredit lagi dalam jumlah yang lebih besar untuk mengembangkan usaha tersebut.

Itulah beberapa jenis usaha sampingan di rumah paling cocok untuk pegawai negeri sipil atau PNS. Semoga informasi ini bisa menjadi rekomendasi sekaligus memunculkan dorongan kuat untuk bewiraswasta. Selamat berbisnis semoga sukses.

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 7 Juta Rupiah Dalam Waktu 1 Minggu Dari Bisnis Online Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *