Kiat Meningkatkan Kinerja Karyawan di Perusahaan

Header 728 x 90

Meningkatkan kinerja karyawan merupakan salah satu kunci kesuksesan perusahaan. Karenanya, sekadar memastikan karyawan memenuhi kualifikasi untuk menjalankan posisi yang ditentukan dalam perusahaan belumlah cukup. Selain itu, mengandalkan pelatihan internal dan eksternal juga tidak menjamin karyawan akan selalu memiliki kinerja yang baik. Ada saatnya karyawan justru tidak lagi produktif menjalankan pekerjaannya, atau bahkan, Anda menemukan hambatan bahwa ada karyawan yang ternyata memang malas sehingga menjengkelkan.

Kiat Meningkatkan Kinerja Karyawan di Perusahaan

Untuk itu, Anda perlu melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan. Berikut ini kiat-kiatnya.

Penilaian Transparan dan Penghargaan

Sejak awal direkrut, jelaskan secara rinci hal apa saja yang menjadi nilai lebih karyawan di mata perusahaan. Ini akan meningkatkan kinerja sekaligus mencegah terjadinya kesalahpahaman antara karyawan satu dengan yang lain. Beri juga penghargaan jika mereka menunjukkan kinerja yang baik agar kerja tambah semangat.

Kerja Fokus dan Batasi Penggunaan Sosial Media

Beberapa studi menyebutkan bahwa penggunaan situs sosial media merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan menurunnya kinerja karyawan di perusahaan. Menurut penelitian tersebut, tiga dari sepuluh orang karyawan menghabiskan lebih banyak waktunya di perusahaan untuk bersosial media dibanding bekerja. Di antaranya mengunjungi situs Instagram, Facebook, Linkedin, Twitter, dan lain sebagainya. Masih dalam penelitian tersebut, bahkan 6 dari 10 karyawan menjelajah media sosial ketika sedang bekerja.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu memahami satu hal dulu: Kecenderungan orang pada umumnya adalah semakin dilarang semakin membangkang. Dibanding memblokir total penggunaan situs sosial media bagi karyawan ketika menggunakan jaringan internet perusahaan, lebih baik Anda membatasi penggunaannya dengan kebebasan yang bertanggung jawab.

Lagipula, membokir secara total bukanlah cara yang efisien dan tidak memungkinkan untuk dilakukan di seluruh perusahaan. Terutama perusahaan yang bergerak dengan mengandalkan sepenuhnya penggunaan jaringan internet seperti perusahaan di bidang media online.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengadakan penyuluhan mengenai buruknya dampak sosial media bagi kinerja karyawan. Terangkan juga dengan jelas keinginan perusahaan untuk menanggulangi hal tersebut. Misalnya dengan membatasi penggunaan sosial media di kantor demi meningkatkan kinerja. Setelahnya, tindakan nyata seperti pengawasan yang lebih terarah juga perlu dilakukan. Ini akan membatasi sepenuhnya ketergantungan karyawan untuk mengunjungi sosial media di perusahaan, termasuk dengan menggunakan gawai pribadinya.

Adakan Rapat dan Kegiatan Mingguan

Rapat mingguan membantu Anda terus melakukan pemantauan bagi kinerja karyawan dan kemajuan proyek yang dijalankan. Sementara itu, mengadakan kegiatan mingguan seperti senam di hari Jumat, akan mendekatkan Anda dan karyawan sekaligus memberi manfaat sehat.

Cegah Kemungkinan Multitasking

Tidak ada pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan benar-benar maksimal, jika dilakukan sambil melakukan pekerjaan lain. Ini akan membuat fokus terbelah, sedangkan tidak mungkin bekerja dengan fokus pada dua hal sekaligus. Dengan kata lain, mengerjakan sesuatu dengan fokus pasti akan meningkatkan kinerja secara optimal.
Oleh karena itu, hindarkan kemungkinan karyawan melakukan dua atau lebih pekerjaan secara bersamaan. Misalnya ketika mereka sedang mengerjakan suatu proyek, lalu Anda memintanya juga melakukan pekerjaan yang lain karena dianggap sesuai bidangnya. Inilah yang dinamakan multitasking.

Lagipula beberapa fakta membuktikan, multitasking yang kelihatannya hebat dan disebut-sebut sebagai kemampuan yang tidak dimiliki semua orang di dunia ini, ternyata justru berdampak buruk. Selain menurunkan fokus dan menghambat kemampuan otak untuk melakukan hal kreatif, multitasking juga merusak ingatan sekaligus memicu stres.

Jangan Abaikan Hak Karyawan

Gaji beserta kenaikan serta beragam tunjangan yang Anda tawarkan dalam kontrak sebaiknya jangan sampai diabaikan. Kelalaian bisa menyurutkan semangat karyawan sehingga enggan meningkatkan kinerjanya.

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 7 Juta Rupiah Dalam Waktu 1 Minggu Dari Bisnis Online Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + eight =