Kiat Sukses Kerja Sampingan untuk Karyawan

Header 728 x 90

Bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan, tidak berarti akan menyita seluruh waktu Anda. Anda masih bisa menambah penghasilan dengan mengusahakan kerja sampingan di waktu senggang. Bahkan jika Anda bisa memanfaatkan keadaan dengan baik, menjadi karyawan justru merupakan nilai tambah bagi Anda. Namun demikian, agar sampingan Anda semakin berhasil dan jauh dari kegagalan, Anda perlu tahu dulu kiat-kiat dan rahasia sukses menjalankan kerja sampingan untuk karyawan seperti berikut.

kerja sampingan untuk karyawan

Pilih yang Sesuai

Dari sekian banyak peluang kerja yang ditawarkan bagi karyawan seperti Anda, jangan sampai salah pilih. Tentukan jenis pekerjaan yang paling menarik minat Anda. Pastikan juga pekerjaan tersebut memang sesuai dengan kemampuan dan Anda cintai. Ini akan menjauhkan Anda dari rasa bosan menjalankan pekerjaan, memengaruhi kinerja pada pekerjaan utama, apalagi terpuruk ketika menghadapi masa sulit.

Analisis Pasar

Jika pekerjaan sampingan Anda berupa bisnis, atau bergerak di bidang pemasaran, lakukan riset dan survey langsung di lapangan untuk mengetahui situasi konsumen. Apakah konsumen di satu tempat akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan? Apakah usaha nantinya berpotensi menguntungkan di tempat itu, serta mempertimbangkan banyak faktor analisis pasar lainnya yang berguna bagi keberhasilan kerja sampingan Anda.

Pahami Prioritas

Prioritas Anda sebagai karyawan di tempat kerja adalah untuk bekerja, bukan mengurus kerja atau bisnis sampingan Anda. Karenanya, pastikan Anda tidak mencuri-curi waktu bekerja atau menggunakan fasilitas kantor untuk mengurusi pekerjaan lain sebelum urusan pekerjaan utama Anda diselesaikan. Hal ini bisa mengundang pendapat negatif yang nantinya berakibat fatal.

Bicarakan Pada yang Lain

Tidak pernah ada larangan atau aturan mengikat yang mewajibkan Anda hanya bekerja di satu tempat. Apalagi jika kendalanya adalah kekurangan ekonomi. Orang lain pun pasti bisa memaklumi. Oleh karenanya, bicarakan secara terbuka pada karyawan yang lain bahwa Anda memiliki pekerjaan sampingan. Ini bisa membantu Anda mendapatkan empati orang lain. Bukan hanya itu, orang lain juga akan membantu memberi masukan, bahkan bantuan positif seandainya Anda tampak mulai kesulitan membagi fokus jika mereka tahu yang Anda lakukan.

Sisi baiknya, Anda juga semakin memperkuat komitmen pribadi untuk memperbaiki kinerja sebagai karyawan. Bahkan jika memungkinkan, coba juga bicarakan pada atasan mengenai pekerjaan sampingan Anda. Jangan lupa yakinkan mereka bahwa pekerjaan sampingan Anda tidak akan mengganggu pekerjaan di perusahaan, apalagi sampai merugikan.

Kelola Secara Seimbang

Kedepankan tanggung jawab mengenai pembagian waktu, kefokusan kerja, hingga menyesuaikan kemampuan tenaga untuk mengelola pekerjaan utama dan sampingan secara seimbang. Pengelolaan diri yang tidak rapi akan berpengaruh pada kendala pekerjaan. Intinya, hindari membuat salah satu pihak merasa dirugikan. Sebagai solusi, Anda bisa merencanakan sejak awal untuk membatasi porsi kerja sampingan Anda sehingga tidak terlalu menyita waktu, tenaga, dan perhatian. Ingatkan diri Anda bahwa pekerjaan kantor adalah prioritas.

Optimalkan Kinerja Anda

Bekerja optimal di kantor tanpa mencampuradukannya dengan memikirkan kerja sampingan terlebih dulu memungkinkan Anda untuk mampu menyelesaikan pekerjaan utama secara cepat dan memuaskan. Jika pekerjaan selesai lebih cepat, artinya Anda akan memiliki lebih banyak waktu senggang. Nantinya Anda bisa memanfaatkan kelebihan waktu tersebut untuk mulai menjalankan pekerjaan sampingan Anda secara optimal juga.

Oleh karena itu, jangan lewatkan menerapkan beberapa langkah sukses kerja sampingan untuk karyawan seperti di atas. Ini memungkinkan Anda menjalankan kedua pekerjaan dengan lancar tanpa mengganggu satu sama lain, sekaligus membuka peluang sukses Anda manjalankan berbagai pekerjaan semakin lebar. Selamat bekerja!

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 7 Juta Rupiah Dalam Waktu 1 Minggu Dari Bisnis Online Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *