Cara Mudah Mencari Modal untuk Bisnis Kerja

Header 728 x 90

Mendirikan bisnis kerja pasti butuh modal usaha. Betapa pun bisnis Anda hanyalah bisnis kecil-kecilan, pasti ada kebutuhan penunjang yang perlu dibeli. Misalnya, Anda berpikiran untuk berbisnis kue dari rumah. Jika peralatan kurang menunjang, mana bisa Anda mengembangkan usaha. Anggaplah Anda bisa memanfaatkan segala sesuatu yang sudah Anda miliki untuk menjalankan bisnis Anda, bukan berarti Anda tidak butuh dimodali juga kan selama proses menjalani bisnis mulai berlangsung? Oleh karena itulah, mencari modal sebelum mulai menjalankan bisnis sangat penting.

Cara Mudah Mencari Modal untuk Bisnis Kerja

Umumnya, besar tidaknya modal yang dibutuhkan bergantung pada jenis usaha yang akan dijalankan. Jika Anda ingin berbisnis kredit barang, pasti butuh modal lebih besar dibanding menjual barang dengan harga tunai. Begitu pula jika Anda ingin membuka bisnis salon, pasti lebih mahal dibanding berbisnis tata rias yang hanya butuh modal membeli keperluan makeup.

Nah, jika Anda sedang berencana memulai bisnis kerja, tetapi masih kekurangan modal untuk menjalankannya, beberapa cara mudah mencari modal berikut ini bisa Anda jadikan solusi.

Pinjaman Bank Disertai Jaminan

Bank sebagai jalur konvensional merupakan solusi awal kebanyakan orang untuk mencari modal. Setiap bank memiliki program pinjamannya masing-masing. Salah satunya adalah yang menggunakan jaminan seperti aset kendaraan bermotor atau properti. Bunga yang ditawarkan pun beraneka ragam bergantung dari besar pinjaman dan lama cicilan yang diambil, biasanya dalam kurun waktu 5 – 20 tahun.

Pinjaman Bank Tanpa Jaminan

Saat ini, bank konvensional dan syariah sedang gencar mengadakan pinjaman tanpa jaminan. Dibanding menggunakan jaminan, pinjaman ini lebih populer di kalangan pencari modal karena tidak butuh jaminan apa pun untuk mendapat uang. Meskipun demikian, bunganya lebih besar dan prosedurnya juga lebih merepotkan dibanding pinjaman dengan jaminan.

Apalagi, pinjaman awal biasanya tidak terlalu besar, dan baru ada peningkatan setelah pinjaman pertama dilunasi. Sekadar saran, sebaiknya Anda mengambil cicilan pembayaran dengan waktu yang lebih singkat agar bunganya tidak terlampau besar.

Pinjaman Lainnya Tanpa Jaminan

Pinjaman lain ini sering menjadi bentuk yang rancu. Anda perlu pandai memilih dan memilah akan melakukan pinjaman ke mana. Beberapa koperasi menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan bunga tinggi. Bahayanya jika salah langkah, Anda justru terlilit utang. Selain koperasi, ada beberapa lembaga syariah atau mandiri yang menawarkan sistem bagi hasil yang lebih aman dengan cicilan ringan dan bunga rendah.

Manfaatkan Tabungan

Inilah pentingnya diajar menabung sejak dini. Biar pun sedikit, pasti jadi bukit. Jika Anda menolak pinjaman dalam bentuk apa pun, maka manfaatkanlah tabungan yang Anda memiliki untuk memulai bisnis kerja.

Menjual atau Menggadai Aset

Jika Anda memiliki aset bernilai seperti kendaraan bermotor, property, emas, dan investasi lainnya yang menguntungkan, coba jual untuk dijadikan modal bisnis. Perlu diingat, hanya jual aset yang tidak Anda gunakan sebagai kebutuhan.

Solusi lainnya bila Anda tidak ingin menjual aset adalah dengan menggadainya. Banyak institusi gadai bersertifikat yang menawarkan bunga rendah untuk gadaian Anda. Namun ada juga sistem gadai yang menawarkan bunga tinggi walau prosesnya cepat dan harga penawaran lebih tinggi. Ingat, jangan lupa segera menebus aset begitu keuntungan Anda dapat.

Pinjam dari Orang Terdekat

Orang dekat seperti mertua, teman, orang tua, dan lainnya biasanya akan meminjamkan uang tanpa bunga walau tak sebesar nilai yang ditawarkan bank. Jangan lupa mengembalikannya tepat waktu agar kepercayaan tidak rusak.

Patungan Modal

Coba ajak teman atau saudara yang memiliki modal untuk menjalankan bisnis dengan Anda. Patungan modal seperti ini akan menguntungkan karena seluruh pembagian merata. Lakukan perjanjian tertulis di atas materai mengenai pembagian hasil dan ketentuan bisnis kerja untuk menghindari konflik di kemudian hari.

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 7 Juta Rupiah Dalam Waktu 1 Minggu Dari Bisnis Online Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + two =