Kuliner, Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan

Header 728 x 90

Sejauh ini, kuliner merupakan peluang bisnis sampingan bagi karyawan yang paling menjanjikan. Pasalnya tidak ada orang yang menolak untuk makan, dan berburu ragam kuliner merupakan salah satu pilihan banyak orang untuk memuaskan keinginannya.

peluang bisnis sampingan bagi karyawan

Bukan itu saja, masih banyak keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan berbisnis sampingan di bidang kuliner. Nah, jika Anda tertarik memulai bisnis kuliner, terutama dengan membuka usaha tempat makan, berikut ini kiat-kiat sukses menjalankan dan mengembangkan bisnis tersebut.

Kiat Sukses Berbisnis Kuliner

  1. Tentukan Lokasi yang Tepat
    Sebelum memulai bisnis kuliner, Anda perlu melakukan perencanaan menyeluruh yang fleksibel. Salah satu yang utama adalah menentukan lokasi usaha. Di mana Anda akan memulai merupakan titik penting keberhasilan bisnis Anda seterusnya. Menyerang pasar dengan menentukan lokasi strategis yang mudah diakses memang disarankan. Namun jika Anda terkendala modal, bersedia merintis bisnis dari rumah juga bisa jadi pilihan.
  2. Rancang Konsep dan Buat Target
    Merancang konsep perlu ditentukan sejalan dengan menetapkan target pasar bisnis kuliner Anda. Misalnya Anda ingin berbisnis kuliner ayam. Tentukan apa menu andalannya, jenis ayam yang digunakan, apa hidangan lainnya, dan sebagainya. Tetapkan juga harga sesuai dengan target pasar, misalnya harga untuk anak kuliahan pasti berbeda dengan pegawai kantoran.
  3. Terjun Langsung ke Lapangan
    Cara terbaik untuk menyelaraskan konsep adalah mengamati secara langsung bisnis Anda di lapangan. Anda akan tahu apa yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan pelanggan sekaligus mempelajari pesaing bisnis di sekitar Anda.
  4. Terapkan Hasil Pengamatan
    Terapkan hasil mengamati lapangan sebagai perbaikan sehingga pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan. Berikan juga fasilitas yang lebih baik dibanding pesaing. Misalnya dengan mengadakan layanan Wifi di tempat.
  5. Mulai Bisnis yang Sebenarnya
    Jika langkah di atas sudah dilakukan, mulai bisnis yang sebenarnya dengan terus memperkenalkan bisnis Anda. Lakukan publikasi keluar lewat media online atau darat. Jangan lupa juga mencantumkan promosi yang Anda tawarkan. Selain itu, tambahkan fasilitas pesan antar sebagai daya tarik lebih.
  6. Jaga Kebersihan
    Selain menyehatkan, menjaga kebersihan tempat dan peralatan yang digunakan merupakan daya tarik pengunjung. Banyak tempat kuliner yang terkenal enak, tetapi tampak sepi pengunjung hanya karena tidak bersih.
  7. Tetap Kreatif dan Berinovasi
    Bisnis apa pun tidak akan maju tanpa disertai kreativitas dan inovasi. Adakan tambahan menu hasil inovasi Anda tiap beberapa bulan sekali. Buat juga promo khusus pada bulan-bulan tertentu. Cara lain, Anda bisa menyelipkan beberapa konsep baru mengenai hiburan atau suasana yang unik.

Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan di Bidang Kuliner Tanpa Tempat Makan

Membuka lapak kuliner di tempat tertentu atau pun tidak sebenarnya bukanlah masalah besar jika Anda mempertimbangkan peluang bisnis sampingan bagi karyawan di bidang ini. Hal terpenting Anda tetap tekun menjalankan bisnis sehingga kesuksesan mudah diraih. Berikut ini beberapa contoh bisnis kuliner tanpa tempat makan yang bisa Anda coba.

  1. Bisnis Makanan Ringan
    Misalnya saja aneka keripik, kue kering, bolu rumahan, gorengan, cheesecake, dan banyak lainnya bisa jadi pilihan. Tanpa harus membuka lapak, usaha di rumah atau membawanya ke kantor bisa jadi pilihan. Pada musim tertentu seperti mendekati lebaran, Anda bisa mulai beralih menerima pesanan membuat kue special lebaran.
  2. Bisnis Minuman
    Misalnya saja jus, susu aneka rasa, kopi, smoothie, yoghurt, juga berbagai minuman racikan lainnya. Anda bisa membuka bisnis ini di rumah hanya dengan bermodal blender atau shaker. Kuncinya, terus berinovasi secara kreatif untuk memperkaya rasanya.
  3. Bisnis Pesan Antar Makanan
    Jika Anda berbakat memasak, tetapi tidak ingin membuka tempat makan khusus, coba saja jalankan bisnis ini. Saat menyebarkan publikasi, cantumkan bahwa Anda hanya menerima pesanan.

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 7 Juta Rupiah Dalam Waktu 1 Minggu Dari Bisnis Online Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *