Peluang Usaha Tambahan Modal Kecil untuk Buruh Pabrik

Header 728 x 90

Saat ini masih banyak buruh pabrik yang gajinya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sendiri saja. Jika sudah berkeluarga tentu hal ini sering menimbulkan masalah serius apalagi setelah anaknya lahir. Oleh karena itu, sebaiknya mencari usaha tambahan agar semua kebutuhan rumah tangga bisa dipenuhi.

Peluang Usaha Tambahan Modal Kecil untuk Buruh Pabrik

Jualan Pulsa Handphone

Jualan pulsa handphone adalah salah satu usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh buruh pabrik karena tidak membutuhkan modal yang besar. Pangsa pasarnya sangat luas karena saat ini pulsa ponsel telah menjadi kebutuhan pokok semua orang termasuk karyawan yang kerja di pabrik-pabrik.

Kegiatan jualan pulsa tersebut bisa dilakukan pada siang hari pada jam istirahat jika pembeli atau pelanggannya berasal dari teman-teman sendiri sesama buruh. Jika ingin mendapatkan hasil keuntungan yang lebih besar, bisa dilanjutkan lagi di rumah setelah pulang dari bekerja.

Jualan Makanan Ringan atau Nasi Bungkus

Peluang usaha tambahan berikutnya yang sangat cocok dijalankan oleh buruh pabrik adalah jualan makanan ringan atau nasi bungkus. Pembeli utamanya tentu saja adalah teman-teman sendiri di pabrik atau dititipkan di kantin pabrik.

Modal untuk membuka peluang usaha ini tidak besar. Sebagai tahap awal, sebaiknya hanya memasak beberapa bungkus nasi atau makanan saja kemudian ditawarkan pada teman-teman sesama buruh saat jam istirahat. Setelah berkembang dengan baik dapat dititipkan di warung-warung makan yang ada di sekitar pabrik atau dikantin.

Jualan Gorengan pada Sore dan Malam Hari

Bagi buruh pabrik yang masih memiliki tenaga kuat untuk bekerja lagi, bisa membuka usaha berupa warung pada sore dan malam hari. Jenis makanan yang dijual adalah makanan yang mudah dimasak atau diolah misalnya gorengan seperti tahu goreng, singkong goreng dan lain sebagainya.

Jangan menjual makanan yang memerlukan waktu lama dan tenaga banyak untuk memasak, sebab esok harinya harus bekerja lagi. Namun ketika usaha tersebut sudah dapat berkembang dengan baik, boleh jualan nasi dan lauk pauknya. Hanya saja sebaiknya tetap tidak memasak sendiri tapi menerima titipan dari pedagang lain dalam wujud nasi bungkus.

Jasa Cukur Rambut

Jasa cukur rambut dapat dijadikan sebagai peluang usaha tambahan untuk buruh pabrik yang tidak bisa berjualan makanan namun memiliki ketrampilan mencukur rambut. Bisnis jasa ini dapat dijalankan di rumah sendiri setelah pulang kerja atau Minggu dan hari libur lainnya.

Modal yang diperlukan hanya berupa sisir, gunting, alat potong rambut, cermin, pisau cukur, kursi dan pernak-pernik lainnya yang harganya tidak lebih dari 500 ribu rupiah. Meski hanya merupakan pekerjaan atau bisnis sampingan saja, namun kegiatan ini dapat menjadi sumber pendapatan yang lumayan besar.

Jasa Tambal Ban

Peluang usaha lainnya yang bisa digunakan untuk mencari penghasilan tambahan bagi buruh pabrik adalah jasa tambal ban. Usaha ini dapat dijalankan jika rumahnya berada di jalan yang ramai lalu lintas. Lalu untuk mereka yang rumahnya berada dalam gang kampung, tetap dapat membuka usaha tambal ban dengan gerobak kemudian mangkal di tempat-tempat strategis.

Apabila memakai gerobak, sebaiknya memilih lokasi yang bukan merupakan daerah larangan untuk membuka usaha kaki lima. Selain itu harus selalu menjaga ketertiban agar tidak diusir oleh petugas Satpol PP.

Meski terlihat sepele, tapi usaha modal kecil ini sangat prospektif untuk mencari penghasilan tambahan. Apalagi saat ini jumlah pengguna motor terus bertambah, sehingga makin banyak ban yang bocor dan harus ditambal.

Itulah beberapa pilihan serta jenis usaha tambahan modal kecil yang cocok dijalani oleh para buruh pabrik yang ingin menambah penghasilan untuk keluarganya. Semoga dapat dijadikan sumber ide untuk berwirausaha setelah pulang kerja di sore hari.

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 7 Juta Rupiah Dalam Waktu 1 Minggu Dari Bisnis Online Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 4 =