Tip Sukses Usaha Kerja Rumahan

Header 728 x 90

Di dunia juga di Indonesia, banyak sudah kisah sukses yang bisa Anda temukan berawal dari usaha kerja rumahan. Misalnya saja pendiri Google yang memulai usaha pertamanya di garasi rumah, atau bukalapak dan kaskus yang dulunya merupakan usaha rumahan. Semuanya bisa Anda jadikan contoh bahwa usaha apa pun yang ditekuni dengan baik, meskipun hanya dari rumah, akan memiliki potensi berkembang yang besar.

Tip Sukses Usaha Kerja Rumahan

Apalagi, sekarang media online bisa dijadikan perantara untuk memperluas jaringan. Bukan tidak mungkin kesempatan Anda meraih sukses dengan keuntungan besar juga semakin terbuka lebar. Namun, bukan berarti bekerja dari rumah tidak memiliki kendala. Ada juga pengusaha rumahan yang gagal merintis usahanya.

Biasanya karena mereka mengabaikan hal penting, tetapi terdengar sepele seperti tidak fokus menjalankan usaha sehingga sering gonta-ganti jenis usaha, atau kurang sabaran akibat ingin cepat menuai untung. Akibatnya jika salah langkah, usaha bisa gagal. Buruknya lagi ketika gagal, bukan malah belajar dari kegagalan yang dirasakan, orang-orang tersebut malah berhenti di tempat dan malas melanjutkan usaha.

Tidak mau kan usaha kerja Anda jadi sia-sia belaka? Untuk mengantisipasi kegagalan sepenuhnya yang berawal dari malas bangkit setelah terjatuh dan tidak mengalami perkembangan, Anda bisa membuktikan sendiri rahasia sukses usaha rumahan berikut.

Buat Susana Kerja yang Mendukung

Walaupun bekerja dari rumah, bukan berarti Anda bisa bekerja sambil tidur-tiduran di kasur, atau sambil terus menonton TV. Terlalu santai bisa menciptakan dampak buruk. Buat suasana kerja senyaman mungkin layaknya Anda berada di kantor, misalnya menyiapkan infrastruktur pendukung kerja. Juga menekankan pola pikir bahwa Anda bukan sedang bekerja di rumah, tetapi dari rumah.

Atur Keuangan Sebaik Mungkin

Sebaik-baiknya produk yang Anda ciptakan, pengelolaan keluar masuk keuangan yang buruk akan menghambatnya. Pisahkan mana keuangan milik pribadi, dan mana untuk diputarkan dalam usaha. Catat tiap pemasukan dan pengeluaran, termasuk hutang yang dilakukan dan wajib dibayarkan. Tidak perlu ahli dalam pembukuan untuk melakukannnya, yang penting rapi dan konsisten dalam pencatatan.

Bentuk Tim Ketika Anda Tidak Mampu Sendirian

Mungkin awalnya Anda hanya menjalankan usaha kerja sendiri. Namun lambat laun, kemajuan usaha bisa memengaruhi kinerja dan kualitas produk Anda. Bentuk tim yang solid sesuai kemampuannya masing-masing untuk menghindari perpecahan.

Jangan Terjebak dalam Rutinitas

Usaha rumahan memang berisiko menimbulkan kejenuhan sehingga terasa monoton. Namun ini hanya terjadi jika Anda justru terjebak dengan sekadar menjalankan rutinitas tanpa terpikir lagi memperhatikan hal lainnya. Misalnya hanya fokus pada produk dan layanan. Sementara rencana marketing, pengelolaan keuangan, tujuan dan strategi, juga penyediaan infrastruktur jadi tidak dipentingkan.

Ciptakan Produk Terbaik

Produk yang baik hanya bisa tercipta jika Anda benar-benar yakin dengan apa yang Anda kerjakan. Inilah yang namanya passion. Tidak masalah jika produk tersebut hasil tiruan yang dimodifikasi. Malah lebih bagus dibanding mewujudkan ide sendiri yang sebenarnya kurang umum bagi orang lain sehingga berujung kerugian.

Urutkan Skala Prioritas

Sejak awal, tetapkan rencana kerja berdasarkan skala prioritas. Misalnya, pertama adalah promosi, kedua marketing sambil terus memperluas jaringan, kemudian setelah usaha dikenal, atasi pesanan yang meningkat dengan menambah jumlah pegawai, dan seterusnya.

Selalu Siapkan Rencana Cadangan

Satu rencana tidak cukup untuk menjalankan usaha kerja. Buat juga rencana kedua dan ketiga untuk menghadapi kondisi darurat. Misalnya saat eksekusi Anda menghadapi kendala, Anda punya cadangannya. Atau saat produksi Anda punya masalah, Anda bisa segera mengatasinya. Rencana cadangan sangat penting untuk menyelesaikan tepat waktu, sekaligus menjauhkan Anda dari pengeluaran membludak.

Ketahui Bagaimana Cara Saya Bisa Menghasilkan 7 Juta Rupiah Dalam Waktu 1 Minggu Dari Bisnis Online Klik Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 4 =